Guru Besar

Victor Lie Kuang Hwa lahir di Pamekasan Madura tanggal 10 Mei 1938. Ayahnya, Lie Gun Yin, adalah seorang pendekar kungfu aliran shaolin. Dari ayahnya inilah Koh Hwa, panggilan akrab Victor Lie Kuang Hwa, mewarisi ilmu beladiri kungfu. Beliau berlatih kungfu sejak kecil, 12 tahun.

Secara kebetulan, ilmu tersebut terpaksa harus digunakan untuk membela diri dari serangan orang yang sedang stres berat. Akhirnya masyarakat sekitar tahu dan meminta untuk dilatih. Hal itu terjadi tahun 1963. Sejak saat itu beliau mulai melatih secara privat di rumahnya, jalan Trunojoyo no 10 Madiun. Latihan secara privat tersebut berlangsung selama hampir 9 tahun. Baru pada tahun 1971, atas desakan dari beberapa murid setianya, beliau akhirnya membuka latihan kungfu untuk umum dengan mendirikan organisasi beladiri secara resmi yang diberi nama Ikatan Keluarga Kuntauw Pro Patria.

Walaupun demikian, latihannya belum mengikuti jenjang tingkatan yang pasti. Para murid diberi latihan menurut bakat dan kemampuannya masing-masing. Bila satu ilmu sudah berhasil dikuasai dengan baik, barulah ditambah dengan ilmu yang lain. Baru mulai tahun 1980, disusun jenjang tingkatan latihan, yang disebut tingkat Perintis, dengan materi yang lebih terstruktur.

Koh Hwa selalu berpegang pada falsafah RNg. Ronggowarsito: Sabar, tawakal, eling, narimo, lan waspada.