Sejarah

Pro Patria didirikan oleh Victor Lie Kuang Hwa (akrab dipanggil Koh Hwa) di Madiun pada tahun 1971. Berdirinya Pro Patria pada awalnya hanyalah suatu kebetulan. Ilmu tersebut terpaksa harus digunakan untuk membela diri dari serangan orang yang sedang stres berat. Akhirnya masyarakat sekitar mengetahui dan meminta untuk dilatih. Hal itu terjadi tahun 1963. Pada saat itu latihan dilakukan secara privat, tidak secara resmi sebagai suatu perguruan. Hal tersebut berlangsung sampai tahun 1970.

Tahun 1971, para murid yang telah merasakan manfaat dari latihan dan tetap setia berlatih mendesak untuk mendirikan suatu perguruan yang resmi dengan identitas yang jelas. Akhirnya pada tanggal 28 Oktober 1971, berdirilah perguruan kungfu dengan nama “Ikatan Keluarga Kuntauw Pro Patria.” Kata “Pro Patria” berasal dari Bahasa Latin yang berarti Cinta Tanah Air atau Bangsa. Mendapatkan ijin resmi dari pemerintah pada tanggal 14 April 1972.

Agar dapat lebih mengembangkan perguruan, diusahakanlah untuk bergabung dengan salah satu induk organisasi bela diri yang ada. Warna bela diri yang hampir mirip dengan Pro Patria adalah pencak silat (pada saat itu belum ada Persatuan Wushu Indonesia). Akhirnya Pro Patria bergabung dengan IPSI cabang Madiun. Untuk dapat diterima menjadi anggota IPSI, nama Kunthauw diubah menjadi Silat, tanpa mengubah hakikat ilmu beladiri yang harus dikaji anggotanya. Akhirnya, Pro Patria resmi menjadi anggota IPSI cabang Madiun pada tanggal 11 Juni 1975, dengan nama “Ikatan Keluarga Silat Pro¬† Patria”.

PERKEMBANGAN
IKS Pro Patria telah berkembang baik di dalam negeri maupun di luar negeri, walaupun beberapa unit ada yang sudah tidak aktif lagi. Cabang-cabang IKS Pro Patria yang ada antara lain:

  • Jawa Timur: Cabang Kodya/Kabupaten Madiun, Cabang Kebonsari-Madiun, Cabang Ponorogo, Cabang Nganjuk, Cabang Mojokerto, Cabang Surabaya (Unit Univ. Widya Mandala), Cabang Tulakan-Pacitan, Cabang Lawang-Malang, Cabang Gorang Gareng Magetan (Unit PG Rejosari, Unit Mojorejo Kawedanan), dll.
  • Cabang Bali
  • Cabang Lombok-Mataram
  • Cabang Surakarta*
  • Cabang Yogyakarta (Unit Kegiatan Mahasiswa Silat IKS Pro Patria UGM, SWI Pro Patria UAJY, Unit Tai Chi Dosen dan Karyawan UAJY, Unit UPN Veteran*, Unit Notoprajan*, Unit Kotagede, dan Unit Korem Balapan*)
  • Cabang Samarinda* (Unit Bakuan Palaran dan Unit Kelurahan Jawa)
  • Cabang Jambi
  • Cabang Gold Coast-Australia*, dan lain-lain.

* Sudah tidak aktif