«

»

Oct 31

Tai Chi Ji Kung Pro Patria

SEKILAS PRO PATRIA
PRO PATRIA merupakan perguruan kungfu yang didirikan oleh Master Victor Lie Kuang Hwa di Madiun tahun 1971. Kata “Pro Patria” berarti Cinta Tanah Air atau Bangsa. Pro Patria masuk ke Jogjakarta pertama kali di UGM pada tahun 1981. Pro Patria melatih ilmu Keras “Way Tan” dan ilmu Lunak “Nui Tan“, dan mencakup 4 aspek penting, yaitu: Olah Raga, Bela Diri, Seni, dan Mental.

KONSEP JI KUNG
Ji adalah daya (energi) hidup fundamental. Jika alirannya terhambat, kita akan mendapatkan penyakit, dan jika mengalir dengan lancar maka kita akan memiliki kesehatan yang prima. Ji berdasarkan sumbernya ada 2, yaitu: ji sebelum kelahiran (diperoleh pada tahap janin), dan ji setelah kelahiran (dari air dan makanan). Kung berarti seni dan ilmu tentang penggunaan pernapasan, gerakan, pikiran, dan meditasi untuk membersihkan, menguatkan, dan mengalirkan darah serta energi hidup yang vital.

MANFAAT LATIHAN JI KUNG

Program Tai chi Ji Kung Pro Patria bertujuan untuk memperbaiki fungsi dari organ tubuh tertentu, membantu mempercepat penyembuhan berbagai penyakit, menyeimbangkan Yin dan Yang, dan membuka hambatan pada saluran meridien tubuh. Beberapa manfaat ji kung yang dilatih secara teratur antara lain:

  • Meningkatkan aliran darah ke jantung, menguatkan otot-otot jantung, dan membuat denyut jantung menjadi lebih lambat dan efisien. Peningkatan aliran darah ini memperbaiki kesehatan umum dari seluruh organ tubuh.
  • Meningkatkan kelenturan organ paru-paru dan meningkatkan efisiensi fungsi paru-paru, sehingga akan dapat menarik lebih banyak oksigen yang dihirup.
  • Meningkatkan kekuatan tulang-tulang, persendian, dan meningkatkan kelenturannya, sehingga dapat mengurangi osteoporosis (pengeroposan tulang).
  • Pemusatan perhatian yang dalam pada gerak dan pernapasan akan merangsang otak, meningkatkan konsentrasi dan ketenangan.
  • Mempercepat penyembuhan berbagai penyakit (sakit kepala, migrain, dan vertigo; reumatik, sakit pinggang; gangguan fungsi ginjal, diabetes; asma dan sesak napas; lemah syahwat dan ejakulasi dini; sakit keputihan dan gangguan haid; lemah jantung; sakit lever; gangguan pencernaan dan sembelit; tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah; dan lain-lain, selain penyakit karena virus, bakteri dan jamur).
  • Fungsi beladiri, menangkal serangan yang “tampak” maupun yang “tidak tampak”.

MATERIĀ  PROGRAM TAI CHI

  • Tingkat I – Tai Chi Ji Kung Panca Unsur. Bertujuan untuk memperbaiki fungsi organ dalam, membuka saluran meridien, dan memberikan dasar untuk latihan pada tahap selanjutnya. Latihan sebanyak 16 kali pertemuan.
  • Tingkat II – Tai Chi Chuan Panca Unsur. Gerakan Tai Chi Panca Unsur bertujuan selain untuk bela diri juga memperkuat 5 organ utama (paru-paru, ginjal, jantung, hati, dan lambung/limpa). Pada tingkatan ini mulai diberikan dasar-dasar untuk tui shou (push hand) dan fa jing (penyaluran energi). Latihan sebanyak 16 kali pertemuan.
  • Tingkat III – Aplikasi Tai Chi Chuan. Program ini merupakan pengembangan dari Tai Chi Chuan Panca Unsur. Latihan sebanyak 16 kali pertemuan.
Program Jikung tingkat lanjut: Merupakan program khusus sesuai permintaan. Terdiri dari Jikung Multiguna dan Jikung Shaolin Pa Twan Ching.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *